Inilah Cara Ampuh saat Eksim Kambuh yang Mudah Dilakukan

Inilah Cara Ampuh saat Eksim Kambuh yang Mudah Dilakukan
Warta Sehat | Jakarta - Sebagian orang mencari informasi tentang cara ampuh saat eksim kambuh karena ingin sesegera mungkin mengatasinya. Orang awam menyebut penyakit ini sebagai koreng. Sedangkan istilah medisnya adalah dermatitis.

Penyakit ini merupakan reaksi radang pada kulit, yang ditandai dengan adanya ruam kemerahan, bintik berair atau kondisi paling parahnya bintik bernanah. Selain itu juga terasa gatal. Penyakit kulit ini sifatnya kronis atau kambuh-kambuhan.

Walaupun kambuh-kambuhan, sebenarnya bisa diatasi dengan cepat dan bisa juga dicegah. Berikut akan penyebab, gejala dan cara mengatasinya merangkum penjelasan Dr. Nyoman Suryawati dalam talkshow Radio Kesehatan dan sumber lainnya.

Penyebab dan Gejala Eksim Penting Dipahami

Sebelum mengetahui cara ampuh saat eksim kambuh, penting memahami penyebabnya. Penyakit tidak menular ini disebabkan oleh dua faktor utama, yakni genetik atau keturunan dan lingkungan.

Pada faktor genetik, pengidapnya cenderung mengalami alergi, sehingga mempermudah kemunculan reaksi gatal. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya defect dari genetiknya yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan mempermudah timbulnya reaksi radang.

Sedangkan faktor lingkungan biasanya semakin memperberat risiko terjadinya eksim. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya eksim. Salah satu faktornya, kedua orang tua mempunyai riwayat penyakit ini.

Faktor lainnya berkaitan dengan lingkungan, meliputi alergen, iritan, mikroba, makanan, hormon, stress dan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Cara ampuh saat eksim kambuh nantinya bergantung pada penyebabnya.

Eksim yang terjadi antara bayi, anak-anak dengan orang dewasanya sebenarnya memiliki gejala hampir sama, yaitu adanya ruam. Perbedaannya, pada bayi usia 2 bulan hingga 2 tahun, areanya spesifik pada bagian wajah, seperti pipi.

Sedangkan pada anak dan orang dewasa, area lipatan. Ruam ini terasa gatal disertai bintik kemerahan dan berair atau bernanah. Gejala lainnya yaitu kulit bersisik atau kering dan memiliki luka berkerak.

Cara Ampuh saat Eksim Kambuh Mudah Dilakukan

Cara mengatasi saat eksim kambuh yang bisa dilakukan ketika sudah diperiksakan ke dokter profesional. Dengan periksa, Anda bisa tahu sebenarnya penyakit kulit yang sedang dialami termasuk eksim atau jenis lainnya.

Kemudian nantinya, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda. Pemeriksaan diawali dengan diberikannya pertanyaan mengenai riwayat keluhan pasien. Jenis pemeriksaan bisa hanya sederhana saja atau harus dicek melalui laboratorium.

Bila disebabkan oleh alergi, pengecekan lebih lanjut akan dilakukan sesudah kondisi pasien membaik. Mengenai jenis pemeriksaan bergantung pada keadaan pasien. Waktu paling tepat periksa ke dokter adalah seawall mungkin saat sudah mengalami gatal serta ruam berulang.

Setelah diperiksa, dokter akan memberikan cara ampuh saat eksim kambuh. Pemberian obat oleh dokter tergantung berat eksim. Bila tidak terlalu luas atau masih kategori ringan biasanya hanya diberikan obat oles atau pelembap.

Sedangkan bila kondisinya sudah berat dan meluas, akan diberikan obat minum. Pemilihan jenis obatnya antara bayi, anak-anak dan orang dewasa juga berbeda-beda, tidak sembarangan. Penanganan pertama yang bisa dilakukan sendiri adalah menggunakan pelembap.

Upaya lainnya, hentikan penggunaan produk penyebab eksim. Bisa juga menggunakan krim anti alergi atau anti inflamasi, tapi harus sesuai arahan dokter. Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan di rumah untuk mendukung upaya pencegahan eksim antara lain:

1.     Mandi tidak menggunakan air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan kekeringan pada kulit.

2.     Pilih produk sabun sesuai pH kulit dan pastikan tidak terlalu iritatif. Disarankan menggunakan yang ada kandungan pelembapnya.

3.     Sesudah mandi, oleskan pelembap. Bila sangat kering bisa memakai krim atau salep. Sebaiknya penggunaan pelembap tidak mengandung bahan yang sifatnya peeling.

Cara lainnya untuk mencegah penyakit ini yaitu identifikasi penyebab, lalu hindari, jaga kebersihan lingkungan dan jaga suhu ruangan agar sejuk. Setelah menerapkan cara ampuh saat eksim kambuh diatas, sesudah sembuh Anda bisa rutin memakai pelembap.

Sumber Referensi:

IIG: Kemenkes RI

HHalodoc.com