Dosen UHAMKA Beri Pendampingan Pengolahan Sisa Makanan Organik Rumah Tangga

pengolahan sisa sampah
Pendampingan pengolahan sisa sampah organic dengan budidaya maggot BSF

Warta Sehat | Jakarta - Kegiatan pendampingan ini telah terlaksana atas kerjasama antara LPPM UHAMKA, LLHPB PWA Jakarta, dan RW 02 Kelurahan Kayu Manis yang bertempat di Pondok Haur" Kayu Manis Matraman. Pendampingan pengolahan sisa makanan organik dilakukan oleh bapak Agus Pambudi Dharma, M.Si selaku Dosen Pendidikan Biologi UHAMKA.  

Dalam sambutannya, bapak Eko Kusumawan selaku ketua RW 02 Kelurahan Kayu Manis Matraman, yang menyampaikan harapannya bahwa setelah adanya pendampingan pengolahan sisa makanan organik ini, warga dan pemuda karang taruna dapat terlibat aktif sehingga lingkungan menjadi bebas sampah organik.

DKI Jakarta merupakan provinsi yang mempunyai jumlah penduduk yang cukup banyak di Indonesia. Salah satu permasalahan yang ada di kota ini yaitu sampah, terutama sampah organic. Masyarakat dalam kehidupan sehari-hari banyak menghasilkan sisa makanan organic, seperti sisa bahan makanan, sisa sayuran, sisa kulit buah dan sisa dapur. “ungkap Agus

Pendampingan peserta dilakukan secara langsung ke kandang lalat tentara hitam (black soldier fly/ BSF) dan tempat pembesarannya dengan memberikan penjelasan setiap tahapan atau fase budidaya maggot BSF seperti lalat kawin di kandang, penanganan telur, perawatan ulat kecil hingga besar serta pupa. Selain lingkungan menjadi bersih, alternatif pengolahan sampah organic ini dapat berpeluang menambah penghasilan ekonomi bagi masyarakat.